ASSALAMUALAIKUM :D
Hay guys.
Gimana kabarnya? Mudahan baik ya Aminn
Sesuai
dengan judul artikel ini, maka teman-teman sudah bisa menebak bahwa artikel ini
akan mengarah ke Algoritma dan Logika, dan contoh masalahnya. Dan dari situ,
bakal muncul pertanyaan-pertanyaan seperti :
- Algoritma dan Logika? Itu apaan sih?
- Hubungan mereka berdua apa ? Pacar? Adek-Kakak? Atau Sodara? (wkwkw)
Nah, disini
saya akan mencoba untuk membantu kawan yang bingung tentang apasih Algortima
itu, dan kenapa Algoritma berhubungan erat dengan Logika?!
ALGORITMA
Adapun
pengertian Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun sistematis (ter-urut)
untuk memecahkan sebuah masalah. Jadi algoritma itu ya guys dibuat untuk
menyelesaikan sebuah masalah.
Untuk
contoh gimana sih bentuk aljabar itu, kamu bisa ke artikel saya yang lain
dengan klik “Algoritma” ini guys … :D
LOGIKA
Lah Terus min, Logika itu apa?
Menurut
Mbah Aristoteles, “ Logika adalah bentuk pemikiran, prinsip-prinsip yang harus
diikuti agar dapat berfikir secara valid menurut aturan yang berlaku”
Simplenya?
Logika adalah bentuk pemikiran yang masuk akal.
Kenapa masuk
akal?
Saya ambil
contoh masalah ban bocor. Secara logika/logis, cara mengatasi ban bocor adalah
dengan? yups menambalnya.
Tapi kalau
ada yang bilang, “Ban bocor mah bakar aja”, ?
Apakah ini
solusi yang masuk akal? Apakah dengan membakar ban bocor bisa mengatasi masalah
yang ada? Jawabanya TIDAK. Justru yang ada masalah baru yang muncul, yaitu
dimarahin emak karena bikin bau sekomplek.
Nah mudahan
dari sini kita mulai bisa paham ni, apa itu Algoritma dan apa itu Logika.
Kalau
Algoritma itu step-step buat mecahin masalah. Kalau logika itu bentuk pemikiran
yang masuk akal.
HUBUNGAN
MEREKA BERDUA (CieeCiee..)
Jadi kalau
di gabungin kaya Mermaid Man dan Bernekel Boy, maka Algoritma dan Logika ini
saling padu guys dalam penerapannya. Algoritma yang baik itu, punya
langkah-langkah yang tingkat logikanya juga baik guys. Jadi, masalah yang ada
bisa diselesaikan se-tepat mungkin.
Coba
bayangkan kalau misalnya ada algoritma cara menambal ban yang didalamnya ada
step yang bunyinya “sobek ban, lalu lakban”, maka algoritma tersebut terdengar
jadi gak logis kan guys? Maka dari itu, ketika membuat algoritma, logikanya
juga diperhatikan ya guys wkwkkw. CMIIW
CONTOH MASALAH
ALGORITMA DAN PENYELESAIANNYA
- CONTOH PERTAMA
Agan pasti
tau ini permainan apa.? Yups, permainan menyusun cakram.
Sebelumnya,
coba agan/sista kerjain nih permainan pake algoritma.
Susunlah
cakram2 pada tiang A ke tiang B, dengan aturan :
- Hanya satu cakram yang boleh dipindahkan dalam 1 waktu. Jadi ga
- boleh ya guys, memindah 2 cakram sekaligus dalam 1 waktu.
- Setiap pengambilan berupa pengambilan cakram teratas dari satu tiang dan memasukkannya ke tiang lain
- Lingkaran yang lebih kecil tidak boleh berada di bawah yang lebih besar.
- Tidak boleh membuat tiang baru.
Gimana ?
Udah oke ?
Silahkan pecahkan caranya ya Guys. COBALAH Pecahkan dalam waktu 5 Menit !!
Silahkan pecahkan caranya ya Guys. COBALAH Pecahkan dalam waktu 5 Menit !!
Gunakan
algoritma untuk menyelesaikan masalah ini. Ayo Sportif, Jangan Spoiler, kalau
udah Pusing baru boleh Scrool kebawah OK
:P
.
.
.
.
.
.
.
.
.
UDAH YAKIN ???
.
.
.
.
JAWABAN
Nih guys cara/algoritma menyusun cakram dari A ke B
!!!
- Pindahkan Cakram Hijau ke B
- Pindahkan Cakram Biru ke C
- Pindahkan Cakram Hijau ke C (Numpuk sama Cakram Biru)
- Pindahkan Cakram Orange ke B
- Pindahkan Cakram Hijau ke A
- Pindahkan Cakram Biru ke B (Numpuk sama Cakram Orange)
- Terakhir Pindah Cakram Hijau ke B (Numpuk semua deh)
Gimana
Guys..?
Sekarang
perhatikan jawaban kalian guys, Berapa langkah yang sudah kalian buat/pikirkan?
Apakah ada yang sama dengan Jawaban ini? Atau lebih banyak? Atau bahkan beda?
Yawes lah tidak
masalah guys. Yang terpenting disini adalah, kita telah berhasil membuat sebuah
algoritma. Yeeee…..
- CONTOH KE DUA
Perhatikan
gambar di atas guys !!
Diketahu
bahwa disana terdapat beberapa nomor, arah panah, jarak antar nomor, dan nama
jalan. Dan seperti Contoh pertama, disini kita akan membuat sebuah algoritma
guys.
Cobalah
kalian temukan jalur-jalur/rute mana saja yang dapat dilalui dari titik 0
menuju titik 5, dengan ketentuannya :
- · Carilah rute sebanyak-banyaknya
- · Langkah yang diambil tidak boleh berlawanan dengan arah panah, dan
- · Tentukan jarak mana yang terpendek
Gampang ya
guys. Sebelum kalian scrool buat lihat Jawabannya, coba jawab dulu ya guys,
Coba lakukan dalam 5 menit !!!
.
.
.
AYO SPORTIF !!!!
.
AYO SPORTIF !!!!
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
JAWABAN
Oke setelah
setelah dicermati dan dikerjain, kita dapat menemukan bahwa terdapat 5 rute
yang dapat diambil supaya dapat menuju ke titik 5.
Rute 1.
- Jl.Eri (4 km)
- Jl.Fathan (1km)
- Jl Halim (13km)
Titik dilalui
= 0-2-4-5
Total = 18
Km
Rute 2
- Jl.Eri (4 km)
- Jl.Farhan (1 km)
- Jl. Gigi (5 km)
- Jl.Cinta (5 km)
Titik dilalui
= 0-2-4-3-5
Total = 15
Km
Rute 3
- Jl. Agus (13 km)
- Jl.Dodi (2 km)
- Jl Farhan (1 km)
- Jl. Gigi (5 km)
- Jl.Cinta (5 km)
Titik dilalui
: 0-1-2-4-3-5
Total
= 26 Km
Rute 4
- Jl. Agus (13 km)
- Jl.Dodi (2 km)
- Jl Farhan (1 km)
- Jl Halim (13km)
Titik dilalui
: 0-1-2-4-5
Total = 29
Km
Rute 5
- Jl. Agus (13 km)
- Jl. Budi (6 km)
- Jl.Cinta (5 km)
Titik
dilalui = 0-1-3-5
Total = 24
Km
Dari data
ini, kita mengetahui bahwa rute ke 2 adalah yang terpendek. Sehingga kita dapat
membuat sebuah algoritma cara mencapai titik 0 ke titik 5 dengan cepat, yaitu
melalui rute 2.
- Mulai
- Dari titik 0/start, ambil jl.Eri (4 km) untuk mencapai titik 2
- Dari titik 2, ambil jl.Farhan (1 km) untuk mencapai titik 4
- Dari titik 4, ambil jl.Gigi (5 km) untuk mencapai titik 3
- Dari titik 3, ambil jl.Cinta (5 km) untuk mencapai titik 5/goal
- Selesai
Gimana
guys? Gampang kan?
AKHIR KATA
Algoritma
yang baik adalah algoritma yang di dalamnya terdapat logika yang baik. Maka
dari itu, sebelum kita membuat sebuah algoritma, alangkah baiknya jika kita
mencoba memahami masalah yang akan diselesaikan. Sehingga, algoritma yang kita
buat akan menjadi algoritma yang tepat dan cepat.
WASSALAMUALAIKUM
:D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Monggo Dikomentari dan jika ada Kritik atau Saran dari Pembaca Monggo diutarakan